Minggu, 26 Februari 2017

SMA PGRI 2 BANJARBARU DIAJAK KENALI POLTEKKES BANJARMASIN

        AUDITORIUM Analis Kesehatan mulai dipadati oleh para peserta acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438M pada Sabtu (22/4) sekitar pukul 09.10 WITA. Pada peringatan Isra Mi’raj kali ini, panitia pelaksana mengangkat tema “Melalui Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Mari Kita Wujudkan Sikap Tauladan Rasul &Menampakkan Akhlakul Karimah”. Panitia acara ini diketuai oleh Akhmad Durrun Nafis yang merupakan anggota BEM Poltekkes Kemenkes Banjarmasin dari DIV Gizi.
“Inti dari pelaksanaan peringatan Isra Mi’raj ini adalah sebagai momentum pengingat ajakan sholat, jadi kami (sebagai panitia pelaksana, red.) menginginkan para peserta yang berhadir dapat lebih bersemangat untuk menunaikan ibadah sholat,” tutur Nafis ketika ditanyai tentang tujuan diadakannya acara Isra Mi’raj ini.
Nafis juga menambahkan bahwa meskipun pada kalender nasional peringatan Isra Mi’raj jatuh pada Senin (24/4), panitia pelaksana memutuskan untuk mengadakan acara ini lebih cepat dikarenakan adanya jadwal pelaksanaan kegiatan lain yang harus dilaksanakan BEM, yakni persiapan acara Pornimakes III yang akan dilangsukan selama tiga hari berturut-turut sejak 25 April 2017.
“Acara ini telah dipersiapkan oleh panitia sejak seminggu sebelum pelaksanaan dan dengan perkiraan anggaran yang dicantumkan di proposal sekitar Rp5.500.000,00,” ujar Nafis.Berdasarkan penuturan Nafis, dana tersebut sudah termasuk biaya mendatangkan tamu dari grup habsyi Analis Kesehatan dan penceramah. “Semoga dengan adanya acara ini, kita semua dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan ibadah sholat,” tutupnya.
Acara ini dimulai dengan agenda registrasi dari pukul 09.00 - 09.30 WITA dan dilanjutkan dengan acara pembacaan Maulid Habsyi yang selesai pada pukul 10.59 WITA. Seperti yang telah dituturkan oleh Nafis, grup habsyi yang mengisi acara ini diundang dari jurusan Analis Kesehatan.
“Grup habsyi ini mulai dibentuk dan aktif di jurusan sejak dua tahun yang lalu, jadi kan kami punya grup habsyi sendiri untuk mengisi setiap kegiatan kami, selain itu kami juga ingin grup habsyi ini dapat meningkatkan eksistensi jurusan Analis Kesehatan serta sebagai wadah bagi mahasiswa jurusan Analis untuk menyalurkan bakatnya dalam bidang habsyi,” ungkap M. Fahmi Aminuddin ketika diwawancara.
“Alhamdulillah kegiatan Isra Mi’raj ini dapat terlaksana rutin tiap tahun dan pelaksanaannya kali ini berlangsung meriah karena adanya kehadiran peserta dari enam jurusan yang ada,” tutup mahasiswa DIV Analis Kesehatan itu dengan mimik wajah bahagia.
Setelah penampilan dari grup habsyi, acara selanjutnya pada peringatan Isra Mi’raj kali ini adalah pembukaan lalu dilanjutkan dengan acara pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Pada kesempatan kali ini, M. Aulia Rahman berkesempatan untuk dapat membacakan beberapa ayat suci Al-Qur’an dan didampingi oleh Norhamidah sebagai pembaca sari tilawah.Dalam kegiatan ini, sambutan pertama diberikan oleh Bapak Sukono, S.Sos sebagai Kasubag ADAK, sambutan kedua oleh Dicky Septiannor Khaira sebagai Ketua BEM Poltekkes Kemenkes Banjarmasin dan sambutan terakhir oleh Ahmad Durrun Nafis sebagai ketua pelaksana.
“Untuk jumlah peserta acara, Alhamdulillah tahun ini mengalami peningkatan. Untuk tahun ini, mahasiswa dari enam jurusan cukup antusias menghadiri acara Isra Mi’raj karena ini kan merupakan agenda tiap tahun yang dilaksanakan,” ujar Dicky yang saat ini menjabat sebagai Ketua BEM. “Harapan saya, semoga ditahun depan mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara Isra Mi’raj seperti ini dapat lebih antusias, kalau bisa pesertanya sampai dua ribu, sampai tekeluar-luar kaina pesertanya (peserta memenuhi tempat acara, red.),” tutur Dicky sambil tertawa. “Jadi, nuansa islami di Poltekkes bisa lebih terbangun lagi,” tambah mahasiswa DIV Gizi ini.
Dalam kesempatan wawancara pada Sabtu (22/4), ketua BEM tersebut juga menyampaikan harapanya bahwa semoga dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengambil suri tauladan dari Nabi Muhammad SAW. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini tidak kurang dari 80 orang yang mana belum termasuk jumlah panitia serta tamu undangan yang berhadir.Haifatul Alimah, seorang mahasiswi dari jurusan Gizi yang berhadir pada acara ini menuturkan bahwa alasannya berhadir di acara ini karena adanya ketertarikan dengan acara-acara yang bernuansa islami.
“Acara seperti ini dapat menambah nilai spiritual dan dengan mengingat peristiwa Nabi Muhammad di-Isra Mi’raj-kan, maka cerita seperti ini dapat memberi semanagat dan menjadi motivasi diri bagi saya,” tutur Haifa sambil tersenyum sumringah. “Selain itu, acara seperti ini dapat mempererat tali silaturrahmi antar mahasiswa jurusan,” tambahnya. “Saya berharap, semoga kedepannya jurusan Gizi dapat membentuk grup nasyid atau bahkan grup habsyi seperti Analis, sehingga jurusan gizi juga bisa ikut berpartisipasi dalam acara-acara keagamaan seperti ini,” ujar anak kedua dari tiga bersaudara ini dengan nada bersemangat.
Adapun acara ceramah agama pada peringatan Isra Mi’raj kali ini disampaikan oleh Ust. Akhmad Saberin, S.Si. Para peserta yang berhadir nampak sangat antusias mendengarkan ceramah yang diberikan karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Ustad ini sangat apik merangkai kata-kata sehingga isi ceramah terdengar tidak membosankan.
Selepas acara ceramah agama berakhir, para panitia acara mempersilakan para peserta peringatan Isra Mi’raj untuk mempersiapkan diri menjelang tibanya waktu sholat Zuhur. Setelah sholat berjamaah, acara Isra Mi’raj ini pun ditutup oleh pembawa acara dan diakhiri dengan pembacaan hamdalah bersama-sama. (nadia/kamil)

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net